Contoh Business Canvas Model
Sebuah model bisnis adalah gambaran logis mengenai bagaimana sebuah
organisasi menciptakan, menghantarkan, dan menangkap sebuah nilai. Model
ini diciptakan oleh Alex Osterwalder untuk memudahkan melihat proses
inti bisnis dari suatu perusahaan.
CS: Customer Segment (=Kelompok Pelanggan)
Dari penjelasan di atas tampak kelompok besar pemakai (=customer
segment) untuk usaha Neon Box PT Asoka adalah perusahaan swasta/BUMN
yang memiliki anggaran promosi 35 milyar.
VP: Value Proposition (=Nilai Tambah)
Nilai tambah yang hendak diberikan kepada kelompok besar pemakai
adalah kualitas yang baik, lokasi yang strategis dan harga yang
bersaing.
CH: Channel (=Medium)
Channel (medium) yang akan dipergunakan untuk menjaring segmen
konsumen yang dituju adalah dengan cara melakukan promosi baik melalui
media cetak, online maupun promosi secara langsung melalui konferensi
ataupun pameran-pameran kepada segmen konsumen tersebut. Proposal
penawaran akan dikirim ke berbagai institusi segmen tersebut. Situs di
Internet yang memberi akses ke database segmen konsumen yang dituju hal
akan mempermudah proses pencarian awal dan pengenalan awal para calon
konsumen.
CR: Customer Relationship (=Jenis Layanan)
Dalam menjalin hubungin baik dengan pelanggan, maka kami lebih
menekankan adanya komunikasi yang baik dan menjaga kepercayaan atas
kualitas produk dengan pelanggan. Hal ini bertujuan agar pelanggan
bersedia menceritakan dan merekomendasikan kualitas produk kami.
KA: Key Activities (=Kegiatan Utama)
Aktivitas yang diperlukan agar bisa mewujudkan Value Proposition untuk pelanggan adalah mencari sumber daya atau outsource neon Box yang lebih murah serta proses distribusi dan promosi yang efektif dan efisien.
KR: Key Resources (=Sumber Daya Utama)
Sumber daya yang harus dimiliki oleh perusahaan kami adalah fasilitas (asset), sumber daya manusia dan internet.
KP: Key Partners (=Mitra Utama)
Kerjasama dengan penyedia jasa neon box, bank, kontraktor dan pihak pemerintah.
C$ (Cost = Struktur Biaya) dan R$ (Revenus = Pendapatan)
Untuk struktur biaya, komponen-komponen utamanya terdiri atas biaya
pemeliharaan, biaya investasi (entertainment), biaya sewa, biaya
pembelian asset dan promosi. Sedangkan untuk pendapatan perusahaan
bersumber dari hasil penjualan jasa Neon Box.
Komentar
Posting Komentar