Kenapa Memilih ide Bisnis Restoran Jepang?
Kebiasaan makan di Indonesia telah berubah dari tahun ke tahun. Saat
ini masyarakat Indonesia menginginkan makanan yang sehat, bahan
makanannya beragam dan dengan porsi yang lebih kecil. Masakan jepang
bukan hanya memiliki rasa yang lezat akan tetapi memiliki bentuk dan
peralatan makan yang memiliki nilai seni tinggi. Masakan jepang selalu
mengedepankan kesehatan sesuai dengan pola orang jepang yang memiliki
pola hidup sehat, masakan tersebut memiliki fungsi sebagai pengobatan.
Permintaan konsumen atas jenis masakan jepang ini sebenarnya sudah
ditangkap oleh restoran Jepang Sushi yaitu restoran ini bisa masuk ke
dalam standar diet apapun. Restoran mereka memiliki masakan rendah
kalori dan memiliki banyak manfaat kesehatan seperti anti penuaan dan
mencegah kanker. Kemunculan Restoran Yoshinoya di Jakarta tergolong
sukses, begitu muncul, restoran khas Jepang yg menonjolkan Beef Bowlnya
ini langsung laris manis dan seketika juga cabangnya ada di mana-mana.
Yoshinoya ini memang cukup unik dan hebat dalam konsepnya di mana
sebelumnya memang belum ada restoran yg menonjolkan makanan berupa beef
bowl. Oleh karena itu restoran ini sangat digemari pelanggan terutama
anak-anak muda.
Mengikuti tren ini, restoran jepang telah mendapatkan popularitas di
kalangan pelanggan di Indonesia dan menjadi salah-satu gaya hidup. Dan
pada umumnya masyarakat Indonesia mengetahui masakan jepang tidak hanya
restoran Sushi maupun Yoshinoya, walaupun sebagian dari masyarakat
Indonesia belum pernah mencoba masakannya.
Berdasarkan hasil survey yang kami lakukan di Jakarta pada tahun
2010, rata-rata kelompok usia muda umur 24 – 30 tahun makan siang
dilakukan diluar rumah (restoran) dan mereka makan di luar rumah 1-5
kali dalam 1 minggu. Dari sisi sensitivitas harga, kalangan muda memilih
harga yang relatif murah sekitar Rp 25.000 – Rp 50.000 per porsi.
Sedangkan berdasarkan variasi terhadap makanan dan restoran, sebagian
besar responden memilih menu makanan yang variasi dan restoran yang
unik. Disamping itu makanan asia lebih populer dibandingkan makanan
eropa. Responden memilih makan siang dengan penyajian yang lebih
sederhana dan pengirimannya yang lebih cepat. Restoran dipilih oleh
pelanggan adalah lokasi yang dekat dengan tempat kerja. Respondenpun
memilih makanan yang sehat dan bergizi tinggi serta rendah kandungan
lemaknya. Disamping itu rasa ingin tahu kalangan muda di Indonesia
cukup tinggi, Restoran jepang memiliki posisi yang tinggi yang ingin
diketahui responden.
Semakin berkembangnya bisnis restoran cepat saji dengan sistem
delivery service saat ini karena tuntutan masyarakat yang menginginkan
kemudahan. Pada sisi lain para netter atau pemakai internet terutama di
lingkungan wilayah bisnis seringkali tidak dapat dipisahkan dari
pekerjaannya yang berhubungan dengan komputer dan memerlukan makanan
yang enak dan cepat saji.
Permintaan konsumen seperti ini sebenarnya sudah dapat ditangkap oleh
perusahaan makanan cepat saji dengan layanan pesan antar (delivery
service) yaitu Mc Donald dengan iklan 14045 untuk delivery service
atau perusahaan “pesan delivery” yang berkembang pesat yang mempunyai
rekanan restaurant lebih dari 100 restaurant, tetapi bisnis mereka
umumnya memerlukan advertising yang besar dan pelanggan umumnya tidak dapat melihat langsung menu yang akan dipesan.
Oleh sebab itu ide restoran ini adalah untuk mengambil ceruk pasar
dari kalangan pekerja atau profesional atau khsususnya pengguna internet
di wilayah perkantoran yang tidak punya waktu atau menginginkan
kemudahan dalam memesan makanan tetapi dapat melihat langsung secara
virtual makanan yang akan dipilih melalui website yang menarik.
Disamping itu penentuan outlet-outlet di mal yang ramai dikunjungi
pelanggan, berada di daerah pusat perkantoran dan merupakan mal terbesar
di Jakarta menjadi prioritas kami agar memudahkan pelanggan mendapatkan
restoran kami ketika mereka berjalan-jalan di mal.
Komentar
Posting Komentar